Ada 3 konteks penting dalam
penilaian kinerja :
- Merancang dan mengembangkan penilaian kinerja yang akan digunakan di kelas. Kualitas penilaian ini tergantung pada penilai yang merancang dan mengembangkannya.
- Mempelajari literatur, buku teks, materi pembelajaran, dan materi yang menyajikan banyak contoh penilaian kinerja.
- Mengeveluasi penilaian yang telah dibuat.
Dalam pengembangan penilaian
kinerja harus memperhatikan kriteria penilaian yang baik. Penilaian yang baik
mencakup :
- Berasal dari target pencapaian yang jelas dan tepat
- Disampaikan dengan tujuan yang jelas
- Menggunakan metode penilaian yang tepat
- Sampel kinerja yang tepat
- Mengontrol hal-hal yang dapat mengganggu penilaian
Komponen
dasar Penilaian Kinerja
- Menentukan kinerja
Memfokuskan
penilaian kinerja pada target tertentu dengan membuat 3 rancangan khusus
yaitunya menentukan jenis kinerja apa yang akan dinilai, menentukan siapa yang
akan dinilai, dan kriteria kinerja secara spesifik.
a. Sifat Kinerja
b. Fokus Penilaian
c. Kriteria kinerja
2. Mengembangkan latihan
Untuk
melaksanakan penilaian kinerja, jenis latihan-latihan yang diberikan harus
dibenahi terlebih dahulu. Latihan yang diberikan harus mampu menunjukkan
kemampuan siswa pada level kecapakannya.
a. Sifat latihan
b. Materi latihan
1. Penskoran dan Mencatat Data
Setelah
kinerja ditentukan dan latihan dikembangkan, maka prosedur pengelolaan hasil
harus ditentukan.
a. Tingkatan detail hasil
b. Prosedur pencatatanPengembang penilaian
harus memilih metode khusus untuk menilai. Ada 4 metode yang bisa digunakan
yaitu Daftar cek, Skala rating, Catatan anekdot, Catatan ingatan
c. Menentukan penilaian
1. Penskoran dan Mencatat Data
Setelah
kinerja ditentukan dan latihan dikembangkan, maka prosedur pengelolaan hasil
harus ditentukan.
a. Tingkatan detail hasil
b. Prosedur pencatatan
Pengembang penilaian
harus memilih metode khusus untuk menilai. Ada 4 metode yang bisa digunakan
yaitu Daftar cek, Skala rating, Catatan anekdot, Catatan ingatan
c. Menentukan penilai
0 komentar:
Posting Komentar